Senin, 27 Februari 2012

Batik sebagai Budaya Bangsa Indonsia

Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat dan kemampuan-kemampuan lain yang di dapat seseorang sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan merupakan hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Perwujudan dari kebudayaan tersebut adalah benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi social, religi, seni dan lain-lain. Disini akan mengambil salah satu contoh kebudayaan yang diwujudkan dalam seni yakni seni batik dan budaya membatik.
Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Perempuan-perempuan jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pecaharian mereka sehari-hari untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.
Pada dasarnya budaya itu adalah warisan dari generasi ke generasi, begitu pula tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga terkadang suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga dan daerah tertentu. Batik merupakan suatu kebudayaan yang menjadi citra bagi bangsa Indonesia.. awalnya pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun kini berkembang pada motif abstrak , seperti relief candi, wayang,dan sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa budaya itu ditunjukkan atau ditandai oleh symbol-simbol dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada di dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar